-->

Tips Aman Yoga Selama Hamil

- 9:27 AM
Pada kondisi hamil tubuh membutuhkan relaksasi yang baik. Relaksasi dalam bentuk pijat kurang dianjurkan. Oleh karena itu yang bagus adalah relaksasi dalam bentuk yoga. Yoga memadukan antara gerakan fisik dan olah napas. Untuk itu butuh tips yoga selama hamil.

Yoga memberikan efek yang sangat bagus pada masa kehamilan. Yoga juga dikatakan mampu mengurangi mual yang sering dihadapi oleh ibu hamil terutama pada trimester pertama. Namun dibutuhkan kehati-hatian di dalam melakukan aktivitas yoga khususnya dalam bentuk gerakan fisik. Meskipun gerakan ketika melakukan yoga cenderung lebih santai dan tidak berat, namun tips yoga selama hamil ini perlu dipenuhi dan dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan tubuh ibu hamil. Yang pertama kali harus disiapkan adalah fisik ibu tetap harus pada keadaan yang tidak sedang bermasalah atau sebaiknya kondisi ibu fit. Saat sore atau pagi sekitar pukul 10 di saat libur adalah waktu yang tepat. Pada kondisi hari efektif, sore sekitar pukul 4 – 5 juga merupakan waktu yang baik untuk melakukan yoga.

Sebaiknya ibu hamil ditemani oleh pelatih atau minimal satu orang yang dapat membantu ibu, misalnya ketika harus melakukan gerakan dari duduk menuju berdiri. Sebaiknya ibu hamil melakukan yoga menggunakan bantuan musik yang lembut. Musik membantu menurunkan kecemasan yang sering melanda ibu hamil. Pada waktu melakukan yoga jangan sampai ibu hamil dalam kondisi perut kosong atau belum diisi makanan, tetapi jangan juga dalam keadaan terlalu kenyang. Dampingan minum teh bagus untuk yoga ketika hamil.

Pakaian yang dikenakan ibu baiknya yang nyaman, tidak terlalu ketat namun juga tidak terlalu longgar. Celana hamil dari bahan kaos dipadukan dengan atasan yang juga berbahan kaos cocok untuk aktivitas ini. Ibu tidak perlu mengenakan alas kaki. Adapun matras untuk duduk perlu diadakan. Sebaknya ibu hamil jangan duduk di atas lantai begitu saja, guna mengatasi terjadinya mual karena lantai yang dingin dapat mempengaruhi metabolisme ibu sehingga perut bisa merasa mual. Tips yoga selama hamil ini dapat diterapkan sampai dengan ibu menjelang masa melahirkan.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search