-->

Penyebab Utama Asam Lambung Meningkat

- 3:02 PM
Sistem pencernaan manusia memang sangat kompleks dan oleh karena itu, wajar jika sering mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang sering dialami yaitu yang berkaitan dengan kesehatan lambung karena organ ini memang sangat rentan terhadap berbagai pengaruh dan salah satu hal yang sering dialami yaitu asam lambung meningkat. Lantas, apa sebenarnya penyebab asam lambung meningkat?

Memang pada dasarnya, dalam lambung manusia terdapat senyawa asam yang berfungsi membantu dalam proses pencernaan. Namun, seringkali kadar asam lambung mengalami gangguan sehingga jumlahnya berlebih. Hal ini tentu akan sangat membahayakan karena senyawa asam sendiri dapat mengiritasi organ lambung anda. Jika kondisi ini anda abaikan secara terus menerus, bukan tidak mungkin jika organ lambung anda akan mengalami luka dan kemudian infeksi.

Tentu siapapun tidak ingin hal tersebut terjadi pada diri anda bukan? Nah, sebagai langkah pencegahan yang dapat anda lakukan yaitu dengan mengatahui beberapa hal yang menjadi penyebab asam lambung meningkat. Berikut beberapa uraian yang dapat admin berikan untuk anda.

Penyebab asam lambung meningkat

1. Jenis makanan yang anda konsumsi
Perlu untuk anda ketahui bahwa ada beberapa jenis makanan yang memang dapat memicu naiknya asam lambung, terutama untuk jenis makanan yang terlalu asam, terlalu pedas ataupun terlalu asin yang dapat menyebabkan reaksi produksi asam lambung yang berlebih. Beberapa jenis buah-buahan pun ternyata juga harus anda batasi karena juga dapat menimbulkan asam lambung meningkat, diantaranya yaitu buah jeruk dan juga anggur yang memiliki rasa terlalu asam. Selain itu, beberapa makanan berlemak, kafein, coklat dan juga minuman bersoda perlu untuk anda hindari.

2. Pola diet yang salah
Bagi anda yang merasa memiliki berat badan yang kurang ideal dan melakukan diet, sebaiknya perlu berhati-hati karena jika anda melakukan diet dengan cara yang salah, maka justru akan menimbulkan gangguan pada kesehatan. Perlu untuk anda ketahui bahwa yang namanya diet buka berarti menyiksa diri dengan memaksakan diri untuk membatasi jumlah makan tanpa memperhatikan asupan nutrisinya. Hal ini tentu akan membuat berbagai gangguan kesehatan, bahkan bukan hanya masalah lambung tetapi jika anda lakukan secara terus menerus, mungkin akan menimbulkan gangguan lainnya.

3. Kebiasaan merokok
Seperti yang anda ketahui bahwa dalam rokok mengandung berbagai senyawa yang tentu akan membahayakan bagi kesehatan. Tidak terkecuali untuk organ lambung karena berbagai senyawa dalam rokok tersebut memicu produksi asam lambung berlebih.

Selain beberapa penyebab asam lambung meningkat di atas untuk mengobati asam lambung anda bisa membaca artikel cara mengobati asam lambung, anda yang sering mengalami stress berat juga harus berhati-hati karena dalam kondisi ini, anda juga dapat mengalami kenaikan asam lambung. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search