-->

Fungsi dan Cara Kerja Otot Jantung

- 2:55 PM
Salah satu organ vital dalam tubuh manusia adalah jantung. Seperti yang kita ketahui bahwa jantung memiliki fungsi yang sangat penting yaitu memompakan darah ke seluruh tubuh. Dapat anda bayangkan sendiri, bagaimana jika organ jantung mengalami gangguan?

Tentu seluruh fungsi dan cara kerja otot jantung pun akan terganggu, khususnya peredaran darah ke seluruh tubuh yang akan terganggu dan akibatnya, oksigen serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak dapat tersebar ke seluruh tubuh manusia. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan benar mengenai kesehatan jantung mengingat peranannya yang sangat penting.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai fungsi dan cara kerja otot jantung, perlu untuk anda ketahui bahwa otot jantung adalah jenis otot lurik tidak sadar yang dapat ditemukan di dinding jantung. Otot jantung termasuk ke dalam otot yang memiliki jumlah aling sedikit karena seperti namanya bahwa otot ini hanya dapat terdapat di satu organ yaitu jantung.

Fungsi dan Cara Kerja Otot Jantung
Apabila anda tertarik mengenai fungsi dan cara kerja otot jantung secara lebih detail, silahkan anda simak uraiannya di bawah ini.

Fungsi otot jantung
Untuk fungsi otot jantung secara sederhana dapat dijelaskan yaitu membantu memompa darah ke seluruh tubuh. Fungsi ini tentunya menunjang dari tugas irgan jantung yang juga berperan dalam memompa darah. Namun, untuk fungsi lebih detailnya, anda dapat menyimak penjelasan terkait dengan cara kerja otot jantung itu sendiri.

Cara kerja otot jantung
Otot jantung bekerja secara terus menerus dan ketika sedang memompa darah ditandai dengan adanya detak jantung. Seperti yang anda ketahui bahwa jika otot jantung ini tidak bekerja secara terus menerus dan ditandai dengan hilangnya detak jantung, maka makhluk hidup itu dikatakan mati. Dalam melakukan fungsinya, otot jantung membutehkan energy untuk berkontraksi yang biasa disebut dengan ATP dan sebelum dipakai, senyawa ini dipecah menjadi ADP dan juga P inorganic. Sumber energy otot jantung lainnya yaitu glikogen yang disimpan dalam otot. Senyawa ini akan dipecah dengan bantuan enzim untuk mengubah ADP menjadi ATP.

Otot jantung bekerja dengan kontraksi secara terus menerus yang dikoordinasi muali dari sel otot hingga ke bagian serambi dan juga bilik ke pembuluh darah baik itu bagian kiri maupun bagian kanan paru-paru. Nah, untuk fungsi dan cara kerja otot jantung dapat berjalan dengan baik ketika suplai darah dalam jumlah cukup agar oksigen dan juga nutrisi agar dapat tersebar ke seluruh tubuh manusia.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search