Tenang Obat Diare Untuk Ibu Hamil Ini Aman Diminum

- 11:09 AM
Ketika diketahui hamil, pada umumnya pasangan menjadi sangat gembira, namun ada kalanya saking gembira dan hati-hatinya malah menjadi banyak ketakutan dan kekhawatiran terkait dengan kondisi kandungannya. Rasa khawatir berlebihan tidak jarang malah menimbulkan keluhan lain. Diare merupakan salah satu jenis keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil. Diare terjadi tidak mesti karena salah makan atau infeksi. Diare juga dapat timbul karena ibu yang sedang mengandung mengalami perubahan suasanan hati atau emosi, termasuk kegelisahan yang berlebih. Lalu adakah obat diare untuk ibu hamil?

Sebenarnya obat diare tidak mengalami penyerapan oleh usus ke dalam darah. Obat diare bekerja secara langsung di dalam usus menyerap racun yang menimbulkan diare dan atau menyerap massa bakteri yang terdapat di dalam sistem cerna, sehingga obat diare tidak mempengaruhi kondisi janin yang ada di dalam kandungan. Pada prinsipnya semua obat diare tidak berbahaya atau memberikan efek bagi janin.

Namun jika ibu tetap merasa takut atau khawatir untuk mengkonsumsi obat diare, maka herbal atau tumbuhan obat dapat dijadikan alternatif obat diare untuk ibu hamil. Beberapa obat herbal yang dapat dikonsumsi selama kehamilan antara lain adalah :

  1. Teh pahit atau teh kental. Teh memiliki kandungan janin atau asam tanat yang berfungsi menurunkan tingkat penyerapan air sehingga feses dapat dikeluarkan dalam bentuk lebih padat. Namun karena teh juga mempunyai efek anti angiogenesis atau mengurangi pembentukan pembuluh darah, maka sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering oleh ibu hamil dan hanya pada saat yang benar-benar diperlukan.
  2. Air perasan jambu biji. Jambu biji memiliki khasiat sebagai obat diare. Konsumsi air perasan daun jambu biji ini cepat sekali menurunkan frekuensi buang air besar serta mengentalkan feses. Efek samping penggunaan juga boleh dikatakan tidak ada sehingga sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil.
  3. Buah salak. Selain lezat, buah salak ternyata dapat digunakan sebagai obat diare. Kandungan gizinya juga sangat tinggi, terutama karbohidrat dan vitamin C-nya sehingga buah salak bagus sekali dikonsumsi sebagai obat diare untuk ibu hamil.

Masih banyak lagi tanaman dan buah-buahan yang dapat digunakan sebagai obat diare untuk ibu hamil. Menjaga kehamilan akan sangat membantu ketika proses persalinan nanti. Hindari penyebab diare yang bisa terjadi selama kehamilan.


EmoticonEmoticon

This Newest Prev Post
 

Start typing and press Enter to search