-->

Trik Mudah Mengtasi Anak Yang Susah Makan

- 2:11 PM
“Nak makan dulu yah, cobain dulu satu suap saja!” kata seorang ibu yang sedang membujuk anaknya untuk makan. Tetapi si anak malah asyik dengan robot-robotannya  sambil menggelengkan kepala pertanda menolak untuk makan.

Anak susah makan merupakan permasalah yang sering dialami oleh para orang tua. Masalah ini biasanya bisa disebabkan oleh penyakit, seperti alergi atau gangguan menelan ataupun masalah psikologis. Jika masalahnya karena penyakit lebih baik konsultasikan dengan dokter, namun apabila masalahnya karena psikologi, cara yang dapat anda lakukan adalah dengan cara membujuknya untuk mau makan. Ada beberapa cara mengatasi anak susah makan yang bisa dilakukan oleh orang tua, yaitu :

Libatkanlah anak dalam merencanakan menu
Dengan melibatkan anak dalam merencanakan menu makanan akan membuat anak merasa seleranya dihargai. Kita bisa menanyakan langsung pada anak mengenai menu masakan yang akan kita buat, “Nanti sore, makannya mau apa nak?”

Libatkan anak ketika memasak
Dengan melibatkan anak ketika memasak, anak bisa mengenal makanan yang akan dia makan. Perkenalkan jenis bahan yang akan dimasak guna memperkaya kosakata anak. Jangan merasa terganggu dengan anak bila anak ingin itu ingin ini. Kita bisa mengalihkannya. Ketika ingin ikut memotong tempe dengan pisau kita bisa katakan, “Duh hebat anak ibu mau bantuin, gimana kalo bantuin ibu menghitung tempe yang sudah ibu potong yah”.

Membiasakan makan bersama di meja makan
Biasakanlah makan bersama di meja makan, hal tersebut dapat membuat anak lebih berkonsentrasi saat makan. Hindari makan sambil bermain atau jalan-jalan, karena anak akan mengganggap makan adalah suatu hal yang bukan kebutuhan atau proses tidak disengaja.

Jangan memaksa anak
Ketika orang tua sudah kesal dan marah menghadapi anak tidak mau makan, apalagi mengancam, maka anak akan semakin menolak. Bahkan anak menanggapi upaya orang tuanya tersebut dengan memuntahkan kembali makanan yang sudah masuk mulut. Pemaksaan akan membuat anak trauma dan menganggap waktu makan adalah waktu yang menyiksa.

Biarkanlah si kecil memilih
Berilah kesempatan pada anak untuk memilih makanan yang ditawarkan. Dengan membiarkan anak menentukan sendiri makanan yang akan dia makan, dapat membuat anak lebih lahap makan.

Kenalkan makanan baru
Jika anak anda termasuk tipe pemilih, yang hanya mau makan makanan tertentu. Anda dapat menyembunyikan makanan lain ke dalam makanan pilihannya. Agar anak mencoba makanan baru, buatlah sebuah permainan tebak-tebakan tentang rasa makanan yang dimakannya.

Mencontohkan tokoh idolanya
Dengan mencontohkan tokoh idola, merupakan pendekatan yang sangat efektif untuk membuat anak mau makan. Dengan begitu anak menjadi semangat untuk makan. Contohnya Sponge Bob yang suka makan Craby Patty.

Semua hal diatas merupakan beberapa tips mengatasi anak susah makan. Terlepas dari itu, kesabaran orang tua sangat diperlukan. Dan satu hal lagi yang tidak boleh dilewatkan yaitu berdoa terlebih dahulu sebelum makan.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search