-->

Begini Solusi Mengatasi Insomnia Susah Tidur Akut

- 11:06 AM
Banyak orang saat ini mengalami susah tidur di malam hari pada saat tertentu dalam hidup mereka. Bahkan seringkali mencapai susah tidur dalam seminggu dan setelah melewati masa tersebut, tidur menjadi normal lagi. Ada beberapa penyebab yang dapat mengganggu siklus tidur, umumnya karena masalah persoalan yang dipikir terus menerus, jadi ketika masalah telah selesai, Anda dapat tidur kembali dengan normal.

Namun, hal tersebut tidaklah selalu terjadi. Banyak orang tidak pandang usia menderita sulit tidur yang terus-menerus. Problem sulit tidur sangatlah bervariasi; Ada orang mungkin sulit untuk tidur di malam hari sedangkan yang lainnya mungkin sering bangun di malam hari. Penyakit Insomnia adalah kondisi sulit tidur yang paling umum dan terbagi menjadi tiga jenis yaitu sementara, menengah dan kronis.

3 Penyebab Susah Tidur Dimalam Hari
Ada 3 Penyebab Susah Tidur Di malam Hari yang perlu Anda ketahui. Jika Anda pernah mengalami kesulitan tidur, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi. Hal ini menjadi masalah jutaan orang didunia. Mari kita bahas bersama.

  • Penyebab alami

Hampir semua orang pernah mengalami kesulitan tidur minimal sekali dalam hidup mereka. Hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan iklim. Menurut penelitian suhu yang panas dapat menyebabkan Anda kesulitan tidur. Penyebab alami susah tidur adalah penuaan. Semua orang dapat menjadi tua. Meskipun tidak semua orang menginginkan hal itu terjadi. Penuaan dapat menyebabkan susah tidur.

Dalam setiap dekade, seseorang akan kehilangan 10 menit dari tidur nyenyak. Ini adalah alasan mengapa orang dewasa memiliki tidur yang kurang. Setiap orang dewasa diatas usia 50 tahun menderita susah tidur. Karena kombinasi dari kurang tidur yang nyenyak dan perubahan hormonal yang terjadi.

Pria dan wanita di atas 50 tahun, mereka mulai mengalami andropause dan menopause sehingga mengakibatkan  susah tidur. Terutama bagi wanita yang sering mengalami perubahan hormon dalam hidup mereka seperti menstruasi dan kehamilan.

  • Penyebab Situasional

Peristiwa yang dapat membuat stres seseorang bisa menjadi penyebab situasional dari tidur. Biasanya, ketika peristiwa yang menyebabkan stres berakhir, kesulitan tidur akan hilang dengan sendirinya. Ada banyak penyebab situasional, Sebagai contoh jika orang yang Anda cintai sakit, hal itu tentu menyebabkan sulit tidur untuk keluarga dan teman-teman. Kecemasan atau depresi karena sebuah peristiwa juga bisa menjadi susah tidur selama beberapa waktu.

Kesulitan tidur dapat terjadi karena seseorang begitu khawatir mengenai kesehatan mereka, keuangan, dan hubungan. Ada studi yang dilakukan di King College London menunjukkan hasil yang menarik. Banyak orang dewasa yang bercerai atau janda menderita susah tidur.

  • Penyebab Dari Kesehatan

Bila seseorang terkena peyakit kronis seperti jantung, otak maka dapat menyebabkan gangguan tidur. Obat depresi, epilepsi dapat menyebabkan gangguan pada tidur juga. Pil tidur, jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang akan kehilangan efeknya. Bukan hanya itu saja, dalam jangka panjang, hal ini dapat dapat menyebabkan insomnia. Demikianlah penjelasan mengenai 3 Penyebab Susah Tidur Dimalam Hari. Semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Insomnia Susah Tidur Akut

Seringkali  seseorang yang mengalami masalah tidur mengabaikan penyebabnya, mereka mencoba dan mengatasi hanya gejala insomnia. Banyak penderita sulit tidur tidak tahu bagaimana cara mengatasi insomnia susah tidur akut yang dialami. Banyak orang juga menggunakan obat tidur untuk membantu tidur di malam hari.

Hal ini dapat dipahami, tetapi dalam banyak kasus obat tidur tidak berhasil dalam mengatasi penyebab insomnia. Sebaliknya mereka hanya mengatasi gejala. Membantu tidur tidak boleh diandalkan untuk alasan ini. Karena jika masalah sulit tidur tidak dapat diperbaiki, maka penderita akan menjadi tergantung pada obat tidur tersebut.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan obat tidur atau alat bantu tidur, berhati-hatilah dengan efek negatif yang akan terjadi. Obat tidur dapat membuat ketagihan dan banyak efek samping yang tidak diinginkan. Seringkali penderita mengabaikan tentang efek samping. Cobalah Anda merubah gaya hidup saat ini dan jagalah kesehatan emosional. Buatlah rutinitas yang sehat seperti menjaga siklus saat bangun tidur yang teratur, makan yang teratur, dan berolahraga.

Pernahkah Anda mengalami tidak pernah merasakan cukup istirahat bahkan setelah tidur yang berjam-jam? Anda akan tahu mengapa hal ini bisa terjadi yaitu kelelahan, Hal ini disebabkan karena Anda menderita insomnia. Tentu menderita insomnia sangatlah tidak enak bukan? Kerja tidak bisa maksimal, dunia serasa terbalik.

  • Majukanlah Jadwal Tidur

Hal ini cobalah untuk dilakukan yaitu masuklah kekamar 30 menit lebih awal, lalu bacalah buku karena hal ini sangatlah efektif, karena akan membuat mata menjadi lebih santai. Jangan lupa matikanlah handphone, laptop dan tinggalkanlah seluruh pekerjaan Anda.

  • Dengarkan Musik

Mendengarkan musik saat mau tidur sangatlah efektif, gunakanlah instrument musik yang santai sehingga dapat membuat Anda merasa nyaman dan santai. Pilihlah lagu yang sama setiap malamnya sehingga otak dapat merekam bahwa musik ini untuk tidur, Sehingga akan mendatangkan rasa nyaman dan ngantuk.

  • Buat Suasana Ruangan Nyaman

Cobalah untuk membuat suasana ruangan kamar menjadi lebih nyaman, sebagai contoh rapikanlah kamar, pasanglah lampu yang cahaya nya redup hal ini akan membuat pikiran dan perasaan untuk rileks sehingga dapat membuat anda untuk segera tidur.

  • Mandi Dengan Air Hangat

Ternyata sebelum tidur, cobalah untuk mandi dengan menggunakan air hangat karena dapat membuat pikiran menjadi lebih santai. Dalam sebuah penelitian bahwa uap panas yang dikeluarkan oleh air dapat membuat otot dan syaraf menjadi lebih rileks.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Air putih sangatlah bermanfaat karena terkadang tubuh kita kekurnagan cairan. Air putih wajib dikonsumsi sekitar 2 liter perhari. Dengan banyak minum airu putih maka kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik. Seringkali juga insomnia disebabkan oleh kurangnya cairan yang masuk kedalam tubuh. Oleh karena itu mulailah dengan minum air putih yang banyak setiap harinya.

  • Rutin Olahraga

Olahraga sangatlah membantu seseorang untuk dapat tidur dengan cepat. Saat olahraga tubuh bergerak sehingga otot dan syaraf mengalami peregangan, hal ini dapat menjadikan tubuh menjadi lebih bugar dan sehat, sehingga kualitas tidur dapat ditingkatkan.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search