-->

Gejala Serangan Jantung dan Cara Mengobatinya

- 9:59 AM
Gejala Serangan Jantung dan Cara Mengobatinya ~ Jantung merupakan organ tubuh manusia yang memiliki fungsi sangat penting, yaitu memompa darah untuk kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Di mana darah mengangkut oksigen yang memiliki peranan dalam proses metabolisme dan untuk itu, manusia selalu memiliki denyut jantung ketika masih hidup.

Namun, ketika anda sedang tertidur, maka jantung beristirahat dengan berkontraksi seminimal mungkin. Normalnya, ketika anda sedang beristirahat, jantung berdetak 50-60 kali dalam satu menit sedangkan ketika anda sedang bekerja mencapai 100-120 kali dalam satu menit. Oleh karena itu, istirahat sangatlah penting untuk membantu menjaga kesehatan jantung karena memang jantung sangat rentan terhadap berbagai gangguan.

Salah satunya yaitu gangguan serangan jantung dan ternyata banyak masyarakat terutama yang sudah lanjut usia sering mengalami hal tersebut. Lalu, bagaimana mengenai gejala serangan jantung dan cara menghindarinya?

Perlu untuk anda ketahui bahwa jantung sendiri merupakan organ yang terdiri dari otot-otot jantung yang dialiri oleh pembuluh darah yang biasa disebut dengan pembuluh koroner. Pembuluh koroner memiliki tugas untuk memberikan nutrisi pada otot jantung dan juga serabut saraf. Nah, serabut saraf tulah yang mengendalikan jantung.
Membahas mengenai organ jantung memang sangat kompleks, terlebih terhadap beberapa ganggguannya. Jika sampai organ jantung anda mengenai sedikit masalah, tentu dampaknya akan sangat fatal. Nah, untuk itu, ada baiknya anda jika anda menyimak uraian yang akan admin berikan terkait dengan gejala serangan jantung dan cara menghindarinya.

Gejala serangan jantung

  • Mengalami nyeri dada hingga rasanya seperti tertusuk
  • Sesak nafas hingga keluar keringat dingin
  • Sering mengalami kesemutan sampai ke bagian lengan dan punggung
  • Rasa berdebar-debar hingga terasa tertekan benda berat
Beberapa gejala serangan jantung tersebut memang dialami secara tiba-tiba dan biasanya hanya penderita yang mampu merasakannya. Perlu untuk anda ketahui bahwa serangan jantung sanagt berbahaya karena dapat berdampak pada kematian jika tidak ditangani secara tepat.

Cara Mencegah Terjatinya Serangan Jantung
Adapun beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menghindari penyakit serangan jantung yaitu:
  • Hindari merokok sedini mungkin
  • Olahraga secara teratur
  • Hindari stress yang berlebih
  • Pola makan yang sehat
  • Konsumsi air putih yang cukup
  • Istirahat yang cukup
Beberapa hal di atas dapat anda lakukan untuk membantu menghindari penyakit serangan jantung dan gangguan jantung lainnya. Semoga uraian singkat di atas terkait dengan gejala serangan jantung dan cara menghindarinya dapat membantu anda menjaga kondisi kesehatan tubuh anda.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search