-->

Cara Tradisional Menghilangkan Komedo Paling Tepat

- 9:34 AM
Komedo pada umumnya terasa sangat menjengkelkan, penyebabnya karena pori-pori tersumbat oleh sebum yang berlebihan. Sebum atau minyak yang diciptakan oleh kelenjar sebaceous sebenarnya berfungsi untuk membuat agar kulit tetap lentur. Namun sayangnya terkadang jumlahnya berlebihan dan terjebak di dalam pori-pori bersama sel kulit mati. Lambat-laun jumlahnya semakin bertambah dan terus bertambah sehingga kemudian muncul ke permukaan dan terkena udara. Jika terkena udara, kotoran tersebut biasanya berubah menjadi berwarna hitam.

Ada dua jenis komedo yang dikenal selama ini yaitu, komedo berwarna putih dan komedo berwarna hitam atau dalam istilah asing disebut blackhead dan whitehead.

Perbedaan keduanya terletak pada apakah pori-pori tersebut tertutup atau terbuka. Jika terbuka biasanya yang muncul adalah blackhead dan untuk yang tertutup biasanya disebut whitehead.

Menghilangkan komedo dari wajah
Komedo yang biasanya kita temukan di hidung dan membuat hidung terasa sangat kasar sebenarnya tidak baik apabila disingkirkan dengan cara menggosok-gosokkan wajah atau bagian hidung dengan sesuatu yang bersifat abrasif dan dengan cara obsesif. Karena hal tersebut justru akan mengakibatkan komedo menjadi lebih buruk dan lebih mengerikan.

Disamping menyebabkan beberapa masalah kulit seperti terkelupas, memar, dan lain-lain, ternyata menggosok-gosokkan wajah dengan cara yang kasar dapat menyebabkan kulit wajah memproduksi lebih banyak minyak.

Untuk itu, ada baiknya kamu melirik cara tradisional menghilangkan komedo yang bisa dilakukan dua atau tiga kali seminggu dan cukup aman. Beberapa diantara cara tersebut adalah:

Memanfaatkan masker putih telur untuk menghilangkan komedo

Putih telur merupakan bahan alami yang paling efektif untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah, efektif untuk mengencangkan pori-pori dan sangat baik untuk mengurangi atau mencegah munculnya komedo di kemudian hari. Para pakar kesehatan dan kecantikan mengatakan bahwa putih telur kaya akan nutrisi dan sangat baik apabila dijadikan sebagai masker. Berikut adalah cara memanfaatkannya.

Sediakan satu butir telur, kemudian pisahkan bagian kuning dan putihnya. Kamu juga bisa menyediakan facial tissue atau kertas tissue.

Kemudian aduk putih telur tersebut dengan menggunakan garpu atau yang lainnya sebelum dioleskan ke bagian wajah, khususnya ke tempat-tempat yang terdapat komedo.

Selain mengoleskan langsung ke kulit wajah, kamu juga bisa memanfaatkan tisu yang dibasahi dengan putih telur kemudian tempelkan di wajah. Biarkan putih telur tersebut mengering di wajahmu selama kurang lebih 30 menit sebelum dibersihkan dan dibilas dengan air hangat.

Jika kamu merasa lapisan masker putih telur terlalu tipis, kamu bisa menunggu hingga lapisan pertama mengering, kemudian tambahkan lapisan kedua, ketiga, dan seterusnya

Madu dan susu untuk mengangkat komedo
Cara tradisional menghilangkan komedo yang lainnya yang tidak kalah efektifnya adalah menggunakan campuran antara susu dan madu.

Kedua bahan alami ini memiliki khasiat yang sangat baik untuk kulit madu memiliki sifat antibakteri. Sedangkan susu mengandung asam laktat yang dapat membantu menjaga kulit agar tetap lembut dan lentur. Namun apabila digabungkan, keduanya bisa berfungsi sebagai perekat. Tentu saja perka tersebut akan bermanfaat untuk mengangkat komedo yang membandel.

Cara memanfaatkan madu dan susu untuk mengatasi komedo adalah, dengan menyediakan 1 sendok makan (sdm) madu mentah kemudian 1 sendok teh (sdt) susu. Campurkan kedua bahan tersebut lalu masukkan ke dalam microwave (oven) selama 5 hingga 10 detik agar kondisinya sedikit hangat. Kemudian aduk lagi hingga kedua bahan benar-benar berbaur secara menyeluruh.

Apabila suhunya terlalu panas, kamu bisa menunggunya hingga sedikit hangat kemudian terapkan di bagian kulit wajahmu yang berkomedo. Biarkan hingga mengering atau tunggulah selama 20 menit sebelum dibersihkan dan di bilas dengan air dingin seperti biasa. Setelah itu, kamu bisa menerapkan pelembab agar kulit dan pori menjadi halus.

Cara tradisional menghilangkan komedo yang ampuh di atas sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, maksimal satu atau dua kali dalam seminggu agar kulit wajahmu tidak terlalu kering. Jika setiap hari kamu ingin tampil lebih prima dengan pori-pori kecil sehingga kulit wajah tampak lebih halus, dan untuk mencegah komedo datang kembali, ada baiknya kamu rajin mencuci muka dengan air dingin yang segar dan jangan lupa menggunakan pelembab.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search