-->

Apa Itu Komedo? Dan Bagaimana Cara Menghilangkannya

- 9:40 AM
Diantara kamu mungkin ada yang bertanya, apa itu komedo dan bagaimana cara menghilangkanya? Komedo adalah penyumbatan pada pori-pori kulit yang umumnya kita temukan di bagian hidung terutama di bagian depan dan di bagian cupingnya. Warnanya bisa hitam dan bisa juga putih. Komedo tersebut bisa tercipta karena adanya penumpukan kotoran atau karena sel kulit mati yang terjebak di pori-pori. Berikut adalah jenis komedo yang paling umum.

Komedo hitam atau blackheads
Komedo jenis ini terbentuk akibat terjebaknya sel kulit mati dan minyak pada pori-pori yang apabila tidak dibersihkan dari hari ke hari akan menumpuk.

Pada saat penumpukan minyak dan kotoran tersebut sampai ke permukaan kulit dan terkena udara, maka akan terjadi oksidasi yang menyebabkan warnanya menghitam. Biasanya komedo tersebut kita temukan di bagian hidung, dagu, atau, bahkan, beberapa orang memilikinya di bagian dahi.

Komedo sama sekali tidak ada hubungannya dengan bakteri atau tidak terbentuk karena bakteri. Oleh karena itu, komedo tidak bisa dihalau atau dihilangkan dengan mengandalkan benzoil peroksida, sulfur, atau antibiotik topikal.

Benzoil peroksida biasanya difungsikan untuk memperbaiki bentuk pori-pori serta lapisan sel kulit mati.

Komedo yang berwarna hitam atau yang biasa disebut blackhead tersebut sebenarnya bisa dikeluarkan dengan memencet kulit atau hidung. Akan tetapi cara tersebut tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan iritasi atau menyebabkan bagian kulit tersebut berwarna merah dan sakit. Untuk mengatasi komedo membandel, ada baiknya kamu meminta saran dari dokter kulit.

Penggunaan scrub dan strip untuk pori-pori sebenarnya tidak begitu efektif karena komedo tidak hanya berada di permukaan kulit, namun juga jauh di bagian dalam pori-pori. Beberapa ahli kesehatan menyarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinol karena dapat membantu meningkatkan fungsi sel sehingga akan membuat pori-pori berfungsi lebih baik.

Komedo putih atau Whiteheads
Ini merupakan jenis lain dari komedo. Seperti namanya, komedo ini berwarna putih biasanya menonjol dengan bentuk kecil-kecil terlihat mirip jerawat tanpa warna merah dan biasanya tidak bengkak. Tidak seperti blackhead atau komedo hitam, komedo putih pada umumnya tidak bisa dikeluarkan hanya dengan memencet kulit atau hanya dengan memerasnya.

Pada umumnya whitehead bisa kita temukan di bagian pipi, dahi, dibawah kantong mata atau di bagian tertentu di wajah.

Komedo putih lebih sulit untuk diatasi dan diobati. Dalam banyak kasus, komedo putih biasanya dihilangkan dengan bantuan ahli kecantikan atau dokter langsung secara fisik.

Terciptanya komedo putih
Komedo putih bisa disebabkan minyak dan sel-sel kulit mencegah folikel rambut untuk membuka. Beberapa ahli kulit tetap menyarankan penggunaan obat-obatan seperti yang digunakan pada blackhead untuk mengatasi whiteheads.

Walau demikian, ada beberapa cara lain yang efektif untuk mencegah komedo diantaranya adalah: Dengan mencuci wajah yang benar dan tepat. Misalnya, sebelum mencuci wajah terlebih dahulu kamu harus menyingkirkan make-up dan kotoran, kemudian cuci wajahmu dengan air dingin. Setelah itu buka pori-pori wajah dengan menggunakan air hangat untuk memudahkan pengangkatan sel kulit mati dan kotoran yang terjebak di pori-pori.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search