-->

Cara Paling Mudah Menghilangkan Komedo Di Hidung

- 9:25 AM
Ujung hidung kita sering kali terdapat bintik-bintik hitam walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak namun sangat mengganggu. Tidak hanya berwarna hitam dan tampak buruk, namun apabila disentuh, bagian ujung hidung tersebut juga biasanya sedikit kasar dan membuat kita merasa tidak percaya diri.

Itu adalah komedo yang tercipta akibat adanya sel kulit mati dan minyak yang terakumulasi di dalam pori-pori. Dari hari ke hari, jumlah kotoran dan minyak tersebut terus bertambah hingga kemudian terkena udara yang menyebabkan oksidasi dan berubah warna, biasanya berubah menjadi warna hitam.

Walaupun sudah dibersihkan berkali-kali, terutama dengan cara memencet hidung, namun komedo seringkali datang kembali dengan sangat cepat. Dan kamu juga harus mengetahui bahwa, memencet hidung untuk mengeluarkan komedo bukanlah opsi yang dianjurkan. Karena metode tersebut dapat menyebabkan kerusakan vena dan menyebabkan iritasi. Disamping itu, memencet hidung untuk mengatasi komedo juga seringkali menyebabkan munculnya masalah lain seperti, produksi minyak di bagian hidung akan bertambah.

Ada beberapa cara sederhana untuk menghilangkan komedo di hidung yang bisa kamu coba. Dan berikut adalah beberapa diantaranya.

Manfaatkan uap untuk membantu mengeluarkan komedo di hidung
Ada banyak manfaat memberikan uap air panas di wajah. Selain untuk menyingkirkan komedo, uap yang berasal dari air panas juga bisa membantu membuka pori-pori dan membantu membunuh bakteri.

Caranya:

Sediakan air mendidih di dalam panci, kemudian gunakan handuk untuk menutupi bagian kepala agar uap bisa terkonsentrasi ke kulit wajah, kemudian tambahkan sedikit air lemon pada air panas tersebut.

Gunakan air panas tersebut untuk menguapkan wajah selama kurang lebih 3 hingga 5 menit sebelum kamu mengeluarkan komedo dari hidung dengan memberikannya pijatan-pijatan lembut.

Ingatlah untuk selalu memindahkan air panas tersebut ke wadah tertentu seperti mangkok atau yang lainnya, dan jangan pernah menguapkan wajahmu langsung diatas air yang direbus di atas kompor.

Masker teh hijau untuk menghilangkan komedo pada hidung
Komedo yang muncul di hidung juga bisa diatasi dengan menggunakan teh hijau yang mengandung fitonutrien dan antioksidan. Kedua zat tersebut bisa membantu menyingkirkan komedo sekaligus membuat pori-pori hidung bekerja lebih efektif.

Cara memanfaatkan teh hijau untuk menyingkirkan komedo:

Terlebih dahulu sediakan 1 sendok makan (sdm) gula, atau kamu juga bisa memanfaatkan gula putih kemudian tambahkan dua hingga tiga sendok teh (sdt) teh hijau dan setengah sendok teh (sdt) air lemon.

Sediakan air panas kemudian masukkan teh hijau, lalu aduk hingga rata. Setelah itu dinginkan dan tambahkan air lemon serta gula lalu aduk hingga rata.

Selanjutnya, gunakan campuran air tersebut untuk membasahi wajah. Kamu bisa menerapkannya menggunakan kapas atau dengan ujung jarimu. Fokuslah pada tempat-tempat yang banyak komedonya.

Diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum dibilas dan dibersihkan dengan menggunakan air hangat. Ritual mengatasi komedo tersebut bisa diakhiri dengan mencuci wajah menggunakan air dingin agar pori-pori menutup kembali.

Menyingkirkan komedo dengan kulit jeruk
Tips menghilangkan komedo di hidung berikut ini mungkin sedikit asing di telingamu. Namun cara ini juga sangat efektif untuk membersihkan wajah dan untuk menyingkirkan komedo.

Pertama, sediakan kulit jeruk kemudian jemur hingga kering, atau kamu bisa memanfaatkan oven untuk mempercepat pengeringan.

Setelah kulit jeruk kering, giling hingga halus. Kulit jeruk tersebut kaya akan nutrisi dan banyak mengandung vitamin C, kalsium, dan asam sitrat yang bagus untuk mengontrol minyak dan juga bagus apabila digunakan sebagai exfoliator. Proses eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati menggunakan bubuk kulit jeruk tersebut adalah salah satu yang paling efektif selain dengan menggunakan gula pasir.

Sediakan satu sendok makan (sdm) kulit jeruk yang sudah dihaluskan kemudian tambahkan 2 sendok teh (sdt) minyak zaitun.

Setelah itu, aduk hingga rata dan gunakan untuk mengolesi wajah secara merata terutama di bagian-bagian yang banyak komedonya dengan gerakan melingkar menggunakan ujung jari. Lakukan gerakan tersebut selama kurang lebih 2 hingga 3 menit sebelum kamu membilas dan mencuci wajah dengan menggunakan air hangat.

Yang perlu kamu perhatikan saat menerapkan cara mengatasi komedo yang membandel di hidung adalah, jangan pernah memencet terlalu keras hidungmu hingga menyebabkan hidung berwarna, atau teriritasi. Karena pencetan yang terlalu keras juga dapat menyebabkan vena kulit rusak. Begitu juga saat menerapkan exfoliator, sebisa mungkin jangan menggosok terlalu keras karena dapat menyebabkan kulit wajahmu luka.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search