-->

Begini Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Komedo Putih

- 9:18 AM
Di dalam istilah medis, whitehead atau komedo putih dikenal juga dengan istilah closed comedones atau komedo tertutup karena terbentuk di bawah kulit. Komedo putih biasanya terbentuk akibat sel-sel kulit mati dan sebum yang terjebak pada folikel rambut. Lambat laun, kotoran tersebut terus bertambah dan kemudian sedikit menonjol di permukaan kulit dan berwarna putih.

Umumnya komedo putih ditemukan pada mereka yang memiliki wajah berminyak. Namun ada juga penyebab lainnya seperti: Stres, merokok, diet yang tidak sehat, dan wajah yang tidak dibersihkan dengan benar.

Untuk mengatasi komedo putih, kita bisa menggunakan berbagai produk yang dijual secara komersil, bisa juga dengan bantuan medis atau ahli kulit, serta bisa juga menghilangkan komedo dengan bahan alami.

Cara menghilangkan komedo putih

Menggunakan air lemon
Bahan alami untuk menghilangkan komedo putih yang pertama adalah lemon yang kaya akan vitamin C. Selain dapat menghilangkan komedo, lemon dikenal sangat baik untuk kulit terutama untuk meremajakannya serta untuk membantu kulit agar tampil lebih cerah.

Cara memanfaatkan lemon untuk mengatasi komedo: Iris lemon menjadi dua bagian kemudian peras dan ambil airnya, lalu gunakan bola kapas untuk mentransfer air lemon tersebut di seluruh kulit atau di bagian yang berkomedo. Lakukan cara ini setidaknya dua kali dalam seminggu.

Gunakan uap untuk mengatasi whitehead
Komedo putih juga bisa diatasi dengan menggunakan uap. Ini merupakan teknik membersihkan wajah yang sangat dianjurkan dalam dunia dermatologis dan spa. Teknik tersebut akan membantu membuka pori-pori kulit untuk mempermudah pengangkatan kotoran dan sel kulit mati yang terjebak di balik kulit. Selain bisa mengatasi komedo putih, cara ini juga sangat efektif untuk mengatasi bakteri dan kotoran lainnya. Dengan begitu, kulit akan tampak lebih halus dan lebih putih.

Cara memanfaatkan uap untuk menghilangkan komedo putih adalah dengan: Merebus beberapa cangkir air, kemudian tempatkan air mendidih tersebut pada wadah yang bersih lalu gunakan untuk menguap bagian kulit muka yang terkena komedo putih selama kurang lebih 10 menit sebelum dikeringkan dan dibersihkan dengan handuk.

Cara Mengatasi komedo putih dengan gula pasir
Biasanya gula pasir memang bisa dimanfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati apabila dicampurkan dengan madu. Namun cara itu juga efektif apabila digunakan untuk mengatasi atau menghilangkan komedo putih yang mengganggu.

Cara memanfaatkannya cukup sederhana. Pertama, campuran madu dan gula dengan perbandingan yang sama untuk membentuk pasta. Kemudian oleskan pasta tersebut pada wajah yang terdapat komedo putih, lalu berikan pijatan lembut di bagian tersebut atau kamu juga bisa melakukannya di seluruh wajah.

Kamu bisa mengoleskannya dengan ujung jari sambil memberikan pijatan-pijatan lembut dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 10 menit sebelum dicuci dan diseka. Cara ini bisa kamu lakukan setidaknya seminggu sekali.

Memanfaatkan strawberry
Strawberry yang sudah matang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo putih. Sediakan saja beberapa buah stroberi kemudian iris menjadi beberapa bagian, lalu hancurkan atau tumbuh hingga membentuk bubur (pasta).

Setelah itu masukkan satu sendok makan (sdm) madu. Lalu campur hingga rata agar ramuan tersebut bisa menempel di kulit wajah. Setelah itu, oleskan di bagian wajahmu yang memiliki komedo dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dan dicuci. Lakukan cara ini setidaknya 2 kali seminggu agar komedo putih bisa hilang dari wajahmu.

Demikinalah cara menghilangkan komedo putih agar tidak muncul kembali.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search