-->

Cara Mudah Menghilankan Komedo Membandel

- 5:38 PM

Komedo jenisnya ada dua. Yang pertama, biasa disebut blackhead atau komedo berwarna hitam dan yang paling umum kita kenal. Sedangkan whitehead atau komedo berwarna putih biasanya tidak begitu dikenal. Namun kedua-duanya tercipta akibat tersumbatnya folikel rambut karena adanya penumpukan minyak dan sel kulit mati.

Komedo merupakan benjolan kecil yang umumnya muncul pada permukaan kulit dan persis berada di pori-pori. Ini adalah jenis jerawat ringan yang bisa muncul tidak hanya di bagian hidung melainkan juga di beberapa bagian di wajah kita, termasuk di bagian dada, punggung, leher, lengan, dan juga bahu.

Penyebab Munculnya komedo
Setiap folikel berisi 1 rambut dan kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak dan biasanya disebut dengan sebum. Ini adalah sesuatu yang membantu menjaga kulit agar tetap lembut. Namun seringkali bagian tersebut tersumbat oleh adanya penumpukan minyak dan penumpukan sel kulit mati. Lama-kelamaan, sel kulit mati dan minyak tersebut semakin banyak yang kemudian kita sebut dengan nama “komedo”. Jika berwarna hitam, kotoran tersebut biasanya dikenal dengan komedo hitam atau blackhead. Sedangkan yang berwarna putih dikenal dengan nama whitehead atau komedo putih.

Faktor penyebab komedo:
  • Apabila tubuh atau wajah terlalu banyak memproduksi minyak
  • Apabila terjadi iritasi pada folikel rambut
  • Penumpukan bakteri jerawat pada kulit
  • Bisa juga dipicu oleh perubahan hormon yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak. Biasanya terjadi selama menstruasi, pada saat menginjak usia remaja, dan pada saat menggunakan pil KB.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu seperti litium dapat menyebabkan komedo.
  • Beberapa orang percaya bahwa apa yang kita minum dan apa yang kita makan juga dapat mempengaruhi produksi jerawat. Beberapa ahli kesehatan kulit mengatakan bahwa makanan seperti produk susu, makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan memiliki kadar gula yang tinggi dapat memicu jerawat. Walau demikian, makanan tersebut tidak terlalu banyak berpengaruh.
  • Cara menghilangkan komedo membandel

Untuk mengobati komedo, biasanya ada beberapa resep yang memang diformulasikan khusus untuk mengatasinya. Obat-obatan tersebut bisa berupa zat asam, obat, atau dalam bentuk yang lainnya.

Obat terbaik untuk mengatasi komedo biasanya berbahan asam salisilat, benzoil peroksida, dan resorsinol. Para ahli kulit profesional biasanya memanfaatkan alat khusus yang dinamakan loop extractor untuk mengatasi komedo. Namun selain dengan cara tersebut, ada beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo yang sering muncul. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Cobalah eksfoliasi
Scrub yang terbuat dari bahan alami seperti campuran gula pasir dan madu bisa dimanfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus komedo dari wajah. Selain dapat membantu mengangkat komedo, exfoliator tersebut juga bisa mengurangi jumlah komedo.

Gunakan produk kosmetik bebas minyak
Agar tidak berkomedo, wajahmu perlu menggunakan produk-produk kecantikan yang bebas minyak, mulai dari make-up, lotion, tabir surya, dan lain-lain.

Cuci wajah secara teratur dan benar
Pada umumnya komedo kita temukan di bagian wajah terutama di bagian hidung. Pada saat mencuci muka, cucilah wajahmu dengan benar dan gunakan pembersih yang lembut serta tidak membuat kulit teriritasi atau berwarna merah.

Cara mencuci wajah yang benar di mulai dengan menghapus sisa-sisa make-up kemudian cuci dengan air hangat untuk membuka pori-pori agar lebih mudah mengeluarkan kotoran yang terjebak di sana. Setelah itu gunakan sabun pencuci muka yang lembut dan khusus diformulasikan untuk wajah serta tidak terlalu banyak mengandung pewangi dan pusat. Ini adalah cara menghilangkan komedo membandel yang paling sederhana dan mudah untuk diterapkan.

Untuk mencegah agar komedo tidak muncul kembali, kamu sebaiknya menutup rutinitas mencuci muka dengan membilas menggunakan air dingin agar pori-pori mengecil atau menutup dan tidak mudah dimasuki oleh kotoran.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search