-->

Berbagai Manfaat Dongeng Bagi Anak

- 2:24 PM
Sejak zaman dulu mendongeng sudah menjadi kegiatan rutin bagi para orangtua ketika menjelang tidur si buah hatinya. Dongeng memang identik dengan anak. Ketika kita menyerupai suara auman sang harimau dan mempraktekkan si kancil yang sedang makan, anak-anak sangat antusias dan merasa senang.

Selain menarik dan menghibur, sebuah dongeng juga sangat bermanfaat bagi anak-anak. Adapun manfaat dari sebuah dongeng yaitu :

Mencerdaskan Anak

Banyak penelitian yang membuktikan kalau cerita-cerita yang didengarkan anak sejak bayi dapat mengaktifkan simpul-simpul saraf di otaknya. hal-hal yang kita sampaikan dapat membuat otak anak menjadi lebih aktif. Ketika otaknya berkembang baik, maka kecerdasannya pun meningkat

Melatih Pendengaran dan Penglihatan

Meskipun belum berbicara, bayi sudah dapat menggunakan kedua inderanya dengan baik yaitu telinga untuk mendengar dan matanya untuk melihat. semua informasi yang masuk akan direkam. Dengan berkomunikasi dan mendongeng sebuah cerita maka mereka akan merekamnya dan menikmati hal tersebut.

Perkembangan Lebih Cepat

Dengan diperdengarkan dongeng, bayi mengalami perkembangan motorik yang lebih cepat, karena otak terstimulasi oleh dongeng. Seperti kemampuan tengkurap, merangkak dan berdiri dibandingkan bayi yang jarang mendengarkan dongeng dari orangtuanya.

Lebih Dekat Dengan Anak

Sambil mendongeng, orangtua dapat sekaligus mencurahkan kasih sayang dengan memperbanyak sentuhan pada anak,  seperti memangku dan membelai anak sambil mendongeng.

Memberikan Pelajaran Positif Bagi Anak

Pilihlah cerita yang sederhana tanpa tokoh antagonis. Hal tersebut dilakukan agar si anak tidak berefek pada mencontoh perilaku yang negatif.

Menegur Anak Lewat Dongeng

Ketika kita pusing dengan ulah anak yang sulit diatur, dimana dengan menegurnya agak keras kadang justru semakin menjadi, maka dengan dongeng dapat kita manfaatkan untuk menegur anak secara tidak langsung sehingga kita dapat menghindari kemarahan. Misalnya ketika anak tidak mau menggosok gigi, kita bisa mendongeng tentang seekor harimau yang susah makan daging karena giginya ompong.

Nah, dengan banyaknya manfaat dari sebuah dongeng, tentu tidak ragu lagi bagi Anda untuk mendongengkan sebuah cerita pada anak.

Anda tak pintar mendongeng?Jangan khawatir, banyak bahan bacaan atau dongen anak yang bisa anda ceritakan cukup dengan membacakannya saja.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search