-->

Beberpa Mitos Dan Fakta Seputar Kanker Payudara

- 3:39 PM
As we know, kanker payudara atau breast cancer dapat menyerang setiap perempuan. Yang lebih menakutkan lagi, belum diketahui dengan jelas apa yang menjadi penyebab pasti timbulnya penyakit pembunuh yang satu ini. Meskipun begitu, sejumlah studi menunjukkan bahwa deteksi dini dan gaya hidup sehat dapat membantu kita untuk mencegah penyakit kanker payudara ini. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita bahas beberapa mitos dan fakta seputar kanker payudara agar kita lebih memahami seluk beluk penyakit ganas ini.

1. MITOS : Benjolan = Pertanda Kanker

Faktanya, 80% benjolan di payudara jinak dan tidak bersifat kanker. Namun perlu diketahui, jika ada benjolan lain yang mencurigakan menurut kamu, jangan malu untuk segera memeriksakannya ke dokter. Jika dokter menganjurkan, kamu juga bisa melakukan mamografi untuk mendapatkan hasil yang lebih meyakinkan.

2. MITOS : Merupakan penyakit keturunan

Faktanya, menurut onkolog yang juga merupakan founder breast-cancer.org, Dr. Marisa Weiss, perempuan yang memiliki sejarah keluarga menderita kanker payudara beresiko lebih besar. Itu sebabnya penting untuk kita mengetahui sejarah keluarga dari pihak ayah dan ibu. Namun faktor lain seperti alcohol, obat-obatan, dan diet tidak sehat juga ikut berperan penting dalam pembentukan kanker payudara ini.

3. MITOS : Perempuan muda lebih beresiko terkena kanker payudara

Faktanya, meski penyakit kanker payudara dapat ditemukan pada perempuan mulai umur 18 tahun, menurut presiden National Researceh Center for Women and Families, , Dr. Diana Zuckerman, perempuan usia 40-50 tahun ke atas yang paling beresiko terkena kanker payudara ini.

4. MITOS : Berdampak Fatal

Faktanya, masih menurut Zuckerman, kanker payudara sendiri tidaklah fatal. Namun jika kanker sampai menyebar ke limpa, paru-paru hingga tulang belakang, hal ini lah yang berdampak menambah resiko kematian. Oleh sebab itu, berulang kali ditekankan bahwa sangat penting untuk melakukan deteksi dini dan pencegahan sebelum kanker menyebar.

5. MITOS : Mastectomy adalah cara terbaik untuk menyembuhkan kanker payudara

Faktanya, hanya sedikit wanita penderita kanker payudara yang memerlukan tindakan mastectomy (pengangkatan satu atau kedua payudara). Pasalnya, 75% penderita kanker payudara per tahunnya lebih cenderung memerlukan tindakan kemotrapi, radiasi dan lumpectomy (operasi pengangkatan gumpalan di payudara yang terkena kanker).


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search