-->

Ciri-ciri Peradangan Pada Organ Intim

- 9:22 AM
Banyak wanita yang kurang memahami terjadinya peradangan pada organ intimnya, padahal bisa jadi peradangan yang timbul merupakan akibat dari infeksi penyakit berbahaya yang bisa mengakibatkan gangguan kesuburan. Agar peradangan yang terjadi tidak memperbesar resiko gangguan kesuburan, ada baiknya mengetahui beberapa gejala dan ciri-ciri peradangan pada organ intim terutama pada organ intim wanita.

Ciri dan Gejala
Berikut ini beberapa gejala dan ciri-ciri peradangan pada organ intim terutama pada organ intim wanita sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:


  • Nyeri. Nyeri merupakan tanda umum terjadinya peradangan. Nyeri ini akan makin menjadi ketika digunakan untuk untuk melakukan hubungan intim. Bagi yang belum pernah melakukan hubungan intim, nyeri ini dapat timbul juga pada perut depan bagian bawah.
  • Rasa panas atau terbakar. Rasa panas seperti terbakar mungkin terjadi ketika melakukan berkemih. Rasa pedih dan terbakar ini disebabkan kemungkinan adanya luka pada saluran kemih. Apabila dilewati air seni, luka ini akan terasa panas, terbakar dan bahkan nyeri.
  • Pedih atau perih. Pedih atau perih biasanya terjadi ketika secara tidak sengaja tersenggol permukaan pakaian dalam yang dikenakan. Apalagi jika pakaian dalam yang dikenakan berasal dari kain yang kasar.
  • Keputihan patologis. Keputihan patologis bisa saja dialami ketika organ intim mengalami peradangan. Lesi yang keluar melalui liang vagina ini terkadang berwarna putih hingga kekuningan dan berpotensi menimbulkan bercak atau noda pada pakaian dalam. Pada keadaan yang parah karena infeksi bakteri atau virus, lesi yang keluar bisa saja berwarna hijau hingga kecoklatan dengan bau yang menyengat.
  • Gatal. Gatal pada permukaan kulit ataupun pada bagian dalam liang vagina atau vulva yang tidak memungkinkan untuk digaruk. Rasa gatal ini disebabkan oleh reaksi sistem imun tubuh terhadap infeksi bakteri, virus ataupun jamur yang menginfeksi liiang vagina.
  • Kemerahan dan bengkak. Kemerahan dan pembengkakan pada bagian luar dan dalam vulva merupakan ciri khas terjadinya radang. Seperti halnya rasa gatal yang menimpa, pembengkakan dan kemerahan ini disebabkan infeksi oleh jamur atau bakteri.

Demikianlah beberapa gejala dan ciri-ciri peradangan pada organ intim terutama pada organ intim wanita. Akan lebih baik apabila segera mengunjungi dokter atau ahli kesehatan terdekat ketika terjadi keluhan seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Siapa tahu reaksi peradangan yang terjadi tidak bisa dianggap sepele.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search