-->

Cara Mengatasi Gigi Berlubang pada Anak

- 3:24 PM
Mengatasi gigi berlubang pada anak memang harus dilakukan sejak gejala ini muncul. Dengan demikian, masalah yang muncul akibat gigi berlubang tidak akan memburuk karena bisa saja anak akan merasakan sakit pada gigi dan juga tidak akan nyaman dalam menelan makanan. Walaupun gigi berlubang merupakan permasalahan umum pada gigi dan mulut, tetapi kalau ini terjadi pada anak-anak, ini tentu mengganggu aktifitas mereka dalam mengunyah makanan. Gigi yang berlubang juga dapat menyisakan sisa makanan sehingga mengakibatkan pembusukan. Lalu, apa saja langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah gigi berlubang?

Menjaga Kesehatan Gigi Sejak Dini
Cara yang paling ampuh untuk melawan masalah gigi berlubang yang terjadi pada anak-anak adalah dengan memberikan pengertian pada anak untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut sejak dini. Hal ini penting karena kebiasaan ini akan berimbas secara terus-menerus ketika ia telah dewasa. Kebiasaan untuk menyikat gigi setelah selesai makan dan sebelum tidur juga sangat dianjurkan pada anak-anak agar giginya selalu bersih sehingga tidak dijadikan sebagai sarang kuman yang dapat menyebabkan terjadinya gigi berlubang. 

Kalau masalah ini tidak segera ditangani, maka anak-anak anda pun akan tersiksa karena bisa saja giginya sakit tidak bisa mengunyah dengan benar, sulit bicara, atau bahkan susah makan. Jika nafsu makan anak turun, maka berat badannya pun akan terganggu. Cara mengatasi gigi berlubang pada anak juga harus menjadi perhatian serius orang tua. Ia bisa mengajak mereka untuk memeriksakan diri ke dokter gigi sehingga akan diketahui penanganan yang tepat agar masalah ini tidak semakin memburuk.

Pencegahan Gigi Berlubang
Kalau tidak ingin masalah gigi berlubang ini muncul, maka sebagai orang tua anda perlu memberikan pengajaran pada anak-anak sehingga mereka semakin tahu bagaimana cara untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Anda dapat mengajak mereka untuk secara rutin memeriksakan gigi ke dokter. Dengan mengunjungi ke dokter gigi, maka dokter akan tahu kalau ada gejala gigi berlubang yang terjadi pada anak anda. 

Pendeteksian lebih awal juga baik sehingga anak anda jadi semakin sadar dan teliti dalam menjaga kesehatan giginya. Anak juga akan mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat tentang gigi berlibang. Dengan begitu, sebagai orang tua anda juga bisa dengan mudah menentukan langkah yang tepat untuk mengatasi gigi berlubang pada anak.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search