-->

Makanan Penyebab Gagal Ginjal yang Perlu Anda Ketahui

- 12:41 PM
Makanan Penyebab Gagal Ginjal – Hidup hanya sekali dan harus dinikmati dengan mengkonsumsi makanan yang enak, hal tersebut merupakan pemikiran selama masih sehat dan belum mengalami diagnosa suatu penyakit. Perlu diketahui, banyak makanan dan minuman yang memiliki manfaat baik, namun jika dikonsumsi berlebihan bisa menghasilkan efek negatif dan penyakit berbahaya seperti gagal ginjal, jantung, dan kolesterol.

Kali ini akan kami bagikan informasi mengenai makanan penyebab gagal ginjal, namun sebelumnya sedikit kita ulas tentang penyakit gagal ginjal itu sendiri. Penyakit gagal ginjal itu sendiri antara lain adalah batu ginjal, yang disebabkan oleh penyakit lain seperti diabetes. Batu ginjal merupakan benda keras berupa endapan beberapa mineral di dalam ginjal yang tidak terbawa oleh urin.

Nah, berikut ini adalah informasi mengenai makanan penyebab gagal ginjal yang perlu Anda ketahui. Makanan di bawah sebenarnya diperlukan tubuh, namun jika dikonsumsi secara berlebihan maka berakibat timbulnya penyakit gagal ginjal.

Kalsium merupakan jenis mineral penting untuk membantu metabolisme tubuh, membentuk tulang dan gigi. Sumber kalsium paling banyak terdapat di susu, keju, yoghurt.

Makanan mengandung purin tinggi. Purin merupakan bahan baku pembuat asam urat. Makanan mengandung purin di antaranya adalah, bayam, emping, nangka, jerohan, otak, lemak, kacang buncis, kambing, dan kuah kambing.

Makanan mengandung oksalat tinggi. Kadar oksalat juga harus dijaga keseimbangannya dengan kalsium agar oksalat tidak terserap kembali dalam tubuh dan mengendap menjadi batu ginjal. Makanan yang mengandung oksalat tinggi adalah bayam, bubuk coklat, salada, kol, brokoli dan kacang hijau.

Demikianlah informasi mengenai Makanan Penyebab Gagal Ginjal yang Perlu Anda Ketahui, semoga bisa membantu. Terimakasih.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search