-->

Lima Tips Terhindar Dari Kanker Payudara

- 3:45 PM
Breast Cancer atau kanker payudara memang menjadi momok yang sangat menakutkan. Maklum, kanker ini menjadi pembunuh perempuan nomor dua setelah kanker mulut rahim (kanker serviks). Bahkan menurut WHO, setipa tahun kanker payudara merenggut 519 jiwa di seluruh dunia. Tapi, jangan langsung takut, sebab berikut kita akan bahas lima cara menghindari kanker payudara sedini mungkin. Keep reading!

1. Rajin Berolahraga

Menurut Debbie Saslow dari American Chemical Society (ACS) olahraga dapat menurunkan kadar estrogen yang berkaitan erat dengan kanker payudara. Untuk hasil maksimal, cobalah berolahraga selama 30 menit selama 5 hari dalam seminggu. Namun jika kamu merupakan tipe wanita sibuk, kamu bisa menggantikannya dengan melakukan aktivitas yang menggerakkan jantung selama 45-60 menit sebanyak 3 kali seminggu. Aktivitas seperti naik turun tangga di kantor sebanyak beberapa kali dalam sehari ataupun jalan santai di hari libur dapat menjadi alternatif pilihan buat kamu.

2. Jaga Berat Badan

Heater Spencer Feigelson, PhD, MPH dari ACS mengatakan bahwa penambahan berat badan sebanyak 10 kilogram saja di usia dewasa dapat ikut meningkatkan resiko menderita kanker payudara. Selain itu, penambahan berat badan juga dapat memicu timbulnya penyakit lain. Oleh sebab itu, jika anda saat ini memiliki berat badan berlebih, cobalah untuk melakukan diet sehat serta olahraga untuk menurunkannya ke batas berat badan yang stabil. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan?

3. Konsumsi Vitamin D

Penemuan terbaru oleh American Society of Clinical On-cologists menunjukkan pasien kanker payudara yang kekurangan vitamin D beresiko 94% lebih besar mengalami penyebaran kanker dibandingkan dengan yang memiliki vitamin D dalam kadar cukup. Hal yang sama juga diyakini oleh seorang professor di bidang obstetri dan ginekologi, Andrew Kaunitz, MD, yang menyarankan kita untuk mengkonsumsi 800-1000 (IU) vitamin D dalam sehari.

4. Hindari Alkohol

Data terbaru dari National Cancer Institute menyebutkan bahwa perempuan yang minum satu atau dua takar alcohol sehari beresiko 32% lebih besar menderita kanker payudara. Dan bagi mereka yang mengkonsumsi lebih banyak, memiliki resiko hingga 51% lebih besar. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menghindari konsumsi alkohol agar terhindar dari kanker payudara.

5. Lakukan SADARI (periSA payuDAra sendiRI)

Menurut Eva Singletary, MD dari M.D Anderson, hanya sekitar 15% kanker payudara yang terdeteksi oleh pasien sendiri. Di Eropa atau Amerika, jumlah penderita kanker payudara tidak begitu banyak karena kesadaran melakukan deteksi dini di negara-negara tersebut sudah berkembang dengan baik. Sehingga kebanyakan kanker payudara ditemukan pada stadium awal dan dapat segera disembuhkan.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search