-->

7 Cara Ampuh Menghilangkan Komedo

- 5:44 PM

Komedo bisa muncul di wajah kita karena beberapa sebab, diantaranya adalah, karena kelebihan minyak, bisa juga karena kotoran atau sel kulit mati yang menyumbat pori-pori atau folikel rambut. Selain itu, ahli medis mengatakan bahwa faktor stres, makanan yang kita konsumsi, dan kebiasaan tidak menjaga kebersihan muka adalah penyebab mengapa wajah berkomedo.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa kamu coba, dan salah satunya adalah, menghilangkan komedo dengan menggunakan pasta gigi. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah tips yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi masalah wajah tersebut.

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi
Fluoride yang ada di dalam pasta gigi bisa membantu mengatasi jerawat dan menyembuhkan komedo. Cara memanfaatkannya, cukup oleskan pasta gigi pada daerah yang berkomedo kemudian biarkan selama beberapa menit sebelum dicuci dan di bilas dengan air dingin.

Menggunakan tomat untuk mengatasi komedo
Menghilangkan komedo dengan tomat yang banyak mengandung vitamin C juga umum dilakukan. Tomat juga bisa membantu mengatasi kulit kusam. Cara menggunakannya, cukup belah tomat menjadi beberapa bagian kemudian gunakan untuk menggosok bagian wajah yang terdapat komedo. Selain itu, kamu juga bisa menggosok seluruh wajah dan tidak hanya terfokus pada blackhead atau whitehead (komedo). Setelah itu biarkan selama 5 menit sebelum dibersihkan dan dicuci.

Memanfaatkan susu
Jika kamu punya susu mentah (murni), kamu bisa mengambil dua sendok makan (sdm) susu kemudian tambahkan satu sendok makan (sdm) garam dan 2 sendok makan (sdm) air lemon kemudian aduk hingga rata. Gunakan campuran tersebut untuk mengolesi bagian yang terdapat komedo atau di seluruh wajah atau di tempat-tempat tertentu. Setelah itu biarkan hingga mengering sebelum kemudian dibilas dan dibersihkan.

Cara lain, kamu bisa menyediakan 4 sendok makan (sdm) susu kemudian tambahkan satu sendok makan (sdm) garam. Lalu aduk hingga rata dan gunakan untuk memijat wajahmu. Setelah 20 menit, cuci dan bilas dengan air dingin. Cara ini bisa kamu ulangi dua kali sehari.

Memanfaatkan masker kentang
Menghilangkan komedo di wajah bisa juga dengan memanfaatkan masker kentang. Kupas kentang kemudian tumbuk hingga halus, lalu terapkan di wajahmu secara merata dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas.

Mengobati komedo dengan benzoil peroksida
Benzoil peroksida bisa kamu temukan di apotik, ini merupakan agen anti bakteri yang dapat membantu mengurangi penyumbatan penyebab komedo. Benzoil peroksida biasanya sangat ampuh untuk mengatasi komedo putih atau whitehead.

Baking soda
Selain menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan komedo yang dianggap sebagai cara paling mudah, kamu juga bisa memanfaatkan baking soda. Cara menghilangkan komedo dengan baking soda: Campurkan baking soda dengan air untuk membentuk pasta, kemudian digunakan untuk mengolesi bagian wajah yang berkomedo, setelah itu biarkan hingga kering sebelum dicuci dan dibilas dengan air hangat.

Scrub beras
Cara sederhana yang ampuh dan mudah untuk menghilangkan komedo lainnya adalah dengan menggunakan beras yang di rendam terlebih dahulu selama kurang lebih 5 jam. Setelah itu giling hingga halus. Kemudian berikan sedikit air untuk membentuk pasta sebelum digunakan sebagai exfoliator mengangkat sel kulit mati.

Apabila kamu ingin mencegah agar jerawat dan komedo tidak mudah muncul kembali, kamu bisa memanfaatkan gel aloe vera atau tanaman lidah buaya. Cukup sediakan gel tanaman lidah buaya kemudian gunakan secara rutin setelah membersihkan wajah untuk menjaga agar kulit tetap lembab dan lembut.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search