-->

Cara Perawatan Rambut Rontok Karena Berjilbab

- 10:10 AM
Jilbab merupakan penutup aurat yang wajib dikenakan bagi setiap wanita muslim. Jilbab yang digunakan haruslah syar’i atau yang benar-benar menutup dada. Jilbab juga merupakan identitas wanita muslim. Saat ini, sebagian wanita muslim telah banyak yang menggunakan jilbab dan modelnya pun beragam. Namun, mengenakan jilbab dapat membuat rambut rontok jika tidak melakukannya dengan benar. Agar rambut tidak rontok setelah mengenakan jilbab, terdapat beberapa tips perawatan rambut rontok bagi wanita berjilbab.

Pertama, pilihlah jilbab yang dapat menyerap keringat, yaitu yang berbahan katun. Jilbab berbahan katun memiliki pori-pori yang cukup besar untuk sirkulasi udara agar rambut tidak terlalu lembab di dalam yang akan menyebabkan ketombe dan rambut rontok.

Kemudian perawatan rambut rontok yang kedua adalah jangan mengikat rambut terlalu kencang saat mengenakan jilbab. Dengan mengikat rambut terlalu kencang dan ditutup dengan jilbab, membuat rambut sulit bernafas, jadi sebaiknya ikatlah rambut agak longgar agar rambut dapat bernafas walaupun ditutup dengan jilbab.

Yang ketiga adalah gunakan dalaman kerudung atau ciput yang dapat menyerap keringat dengan bahan yang lembut dan tidak ketat. Jika bahan ciput tidak dapat menyerap keringat dan sangat ketat, keringat akan terakumulasi yang menyebabkan rambut sangat lembab dan bau, sehingga rambut mudah patah dan rapuh.

Selanjutnya yang keempat adalah usahakan keramas setiap hari. Rambut yang ditutup jilbab seharian pasti akan sangat lembab dan bau yang pada akhirnya menimbulkan ketombe dan rambut rontok. Namun, setelah keramas harus dibiarkan hingga kering sebelum mengenakan jilbab.

Perawatan rambut rontok selanjutnya adalah konsumsi makanan yang banyak mengandung protein karena rambut sangat membutuhkan protein untuk menyehatkan rambut.

Keenam, setelah menggunakan jilbab seharian, rambut pasti akan kusut dan menyebabkan rontok, maka dari itu, sisir rambut dengan pelan menggunakan gerigi yang jarang untuk mencegah rambut rontok. Menyisir rambut juga dapat melancarkan peredaran darah di kepala. Tips yang terakhir adalah jika sedang tidak mengenakan jilbab, istirahatkan rambut dengan membiarkannya tergerai agar rambut dapat bernafas bebas.

Rambut rontok bagi wanita berjilbab bukan dari jilbabnya, melainkan dari tata cara menggunakan jilbab.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search