-->

Khasiat Teh Putih/White Tea Untuk Kesehatan

- 3:09 PM
Teh Putih adalah jenis teh yang diproduksi dari pucuk daun yang tidak mengalami proses oksidasi. Nama “teh putih” berasal dari rambut halus berwarna putih keperakan yang terdapat pada pucuk daun teh. Berikut ini adalah penjelasan mengenai Teh Putih Dan Manfaatnya bagi kesehatan.

Teh Putih telah dikenal di Cina sejak masa Dinasti Tang, dan pada awalnya hanya dikonsumsi oleh Kaisar Cina dan anggota istana. Teh Putih semula hanya diproduksi dari teh varian Camellia Sinensis sinensis (teh Cina), dengan jenis teh putih yang paling populer adalah silver needles atau da bai gao, yang diproduksi di provinsi Fujian, Cina. Nama “silver needles” berasal dari bentuk daun teh putih kering yang panjang-panjang seperti jarum besar berwarna putih. Namun saat ini teh putih juga telah diproduksi di Indonesia dari teh varian Camellia Sinensis assamica (teh Assam).

Mengenal Teh Putih Dan Manfaatnya berawal dari mengenal proses produksinya. Sebelum dipetik, pohon teh sengaja dilindungi dari sinar matahari, untuk mencegah oksidasi dan pembentukan klorofil (zat hijau daun). Pemetikan teh putih dilakukan antara 2 hari hingga 2 minggu setelah awal musim semi, saat tunas daun teh belum terbuka dan masih diselimuti bulu-bulu halus berwarna putih. Teh yang dipetik lebih awal akan menghasilkan Supreme Grade Tea, sedangkan teh yang dipetik setelah 2 minggu akan menghasilkan High Grade Tea. Daun teh putih kemudian dilayukan dan dikeringkan secara alami dengan memanfaatkan sinar matahari, tanpa melalui proses fermentasi maupun penggilingan, sehingga tidak merusak bentuknya. Karena proses produksinya yang demikian rumit, hasil produksi teh putih sangat terbatas, sehingga harganya sangat tinggi.

Proses pengolahan secara alami ini menyebabkan cita rasa teh putih dan manfaatnya berbeda dengan jenis teh lainnya. Teh putih memiliki cita rasa yang lembut dan segar, tidak sepat seperti rasa teh pada umumnya. Selain itu, proses pengolahan secara alami ini menyebabkan kandungan antioksidan polifenol dan katekin pada teh putih lebih tinggi dibandingkan jenis teh lainnya, sehingga sangat baik untuk kesehatan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pada 1 cangkir teh putih, terkandung antioksida setara dengan 12 gelas jus jeruk segar.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search