-->

Apakah Mimisan Berbahaya? Ini dia Penjelasannya

- 12:35 PM
Menurut jurnal kesehatan yang pernah dipublikasikan, dikatakan bahwa terjadinya perdarahan, baik yang berupa perdarahan dalam atau perdarahan luar, sebaiknya segera dilakukan tindakan untuk segera menghentikannya agar tidak membahayakan kondisi tubuh. Tentunya perdarahan yang harus segera dihentikan ini tidak berlaku ketika terjadi proses menstruasi pada perempuan. Demikian juga halnya dengan mimisan, tindakan menghentikan perdarahan yang keluar lewat lubang hidung ini juga harus dilakukan segera. Sehingga, barangkali yang menjadi pertanyaan adalah apakah mimisan berbahaya?

Untuk memahami dengan benar apakah mimisan berbahaya atau tidak, ada baiknya jika menyimak beberapa data dan fakta seputar mimisan yang diolah dari berbagai sumber berikut, yaitu:

Alergi
Selain perubahan suhu udara yang tiba-tiba, alergi terhadap udara dingin, konsumsi makanan atau minuman tertentu juga diyakini merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya mimisan.

Kuantitas darah 
Menurut salah seorang staff medis yang berdinas di sebuah rumah sakit di Jawa Timur, dikatakan bahwa kuantitas darah yang keluar pada saat mimisan tidaklah terlalu signifikan yang bisa memicu terjadinya anemia. Lebih lanjut dikatakan bahwa jumlah darah yang keluar saat mimisan normal berkisar antara 5-10 cc darah.

Keluar Darah Akibat Benturan
Keluarnya darah yang dipicu oleh benturan atau pukulan benda tumpul, idealnya harus dihentikan dengan segera untuk mencegah terjadinya infeksi atau perdarahan dalam. Mimisan yang disebabkan oleh kemungkinan terjadinya fraktur ataupun deviasi tulang hidung akibat pukulan benda tumpul memang membahayakan, karena bisa jadi jaringan sekitar hidung mengalami sobekan atau koyakan oleh tulang.

Tumor
Timbulnya mimisan yang disebabkan oleh tumor atau angiofibroma memang harus mendapatkan penanganan segera. Menurut beberapa sumber medis, dikatakan bahwa mimisan yang dipicu oleh tumor, biasanya diikuti juga dengan rasa mual, pusing atau bahkan muntah. Rasa mual atau bahkan muntah ini dipicu oleh masuknya darah mimisan ke dalam saluran cerna.

Demikianlah beberapa data dan fakta seputar mimisan yang bisa dijadikan acuan apakah mimisan berbahaya atau tidak. Satu hal penting yang hendaknya harus selalu diingat adalah apabila mimisan yang dialami ini sering kali terjadi atau dalam frekuensi yang sering, segera lakukan kunjungan medis untuk melakukan observasi menyeluruh pada mukosa hidung dan saluran sinus. Semoga bermanfaat.

1 comments:

avatar

Merkur Merkur 34c Safety Razor - XN Design
A quality razor. A premium Merkur 34c worrione safety razor. All features: a long handle and smooth, slimmer handle. The handle is deccasino approximately 메리트 카지노 주소 3.75mm long, measuring  Rating: 5 · ‎4 reviews · ‎$70.00 · ‎In stock


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search