-->

Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan

- 3:27 PM
Sariawan itu sakit sekali dan perih, hidup jadi tidak nyaman kalau terkena sariawan. Oleh karena itu, Anda harus belajar cara mengobati sariawan supaya cepat sembuh. Sariawan di dalam istilah kedokteran mempunyai istilah somatitis aftosa. Sariawan yaitu kelainan di selaput lendir mulut, yang berupa luka di mulut berbentuk bercak warna putih agak kuning dan memiliki permukaan sedikit cekung. 

Penyakit sariawan sangatlah perih dan pastinya akan mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya, khususnya saat mengunyah menelan makanan. Penyakit sariawan sendiri tidaklah tergolong penyakit mematikan dan berbahaya, namun jika dibiarkan hidup menjadi tidak nyaman. Penyakit sariawan juga bisa menyerang gusi, lidah, bahkan selaput lendir pipi dalam serta langit-langit dari rongga mulut. Penyakit sariawan sangat gampang menyerang dan sangat sering terjadi.

Sariawan bisa terjadi karena virus. Khususnya virus di dalam tubuh Anda, yang juga bisa menyebabkan kasus herpes, demam di kelenjar serta aneka penyakit mulut lainnya. Kedua karena jamur sariawan. Jamur ini muncul apabila seseorang sistem daya tahan tubuhnya rendah, atau bisa juga saat seseorang menggunakan antibiotik dosis tinggi dan menyebabkan masalah kesehatan pada orang tersebut. Selain ini, berikut di bawah adalah penyebab umum lainnya mengapa seseorang bisa terkena penyakit sariawan:


Beberapa penyebab terserang sariawan:
  • Sariawan yang terjadi karena mulut tergigit saat ngobrol dan makan, atau makan sembari ngobrol
  • Sariawan karena kurang nutrisi vitamin contohnya vitamin C, vitamin B 12 dan zat besi
  • Sariawan karena penggunaan produk kesehatan yang tak cocok. Contohnya produk obat-obatan yang tak cocok dengan mulut Anda atau produk pasta gigi
  • Konsumsi makanan pedas dan panas contohnya gorengan, keripik pedas, sambal
  • Sariawan karena keadaan cuaca dan suhu
  • Sariawan karena kurangnya kebersihan mulut. Contohnya jarang minum dan jarang gosok gigi. Lebih parah apabila sebelum tidur tidak membersihkan mulut, paginya bisa terserang sariawan

Cara mengobati sariawan
Kumur menggunakan campuran baking soda dan garam
Cara ini dapat menimbulkan rasa perih parah, tetapi cara ini efektif untuk mengobati penyakit sariawan Anda. Caranya yaitu campur baking soda dan garam dapur secukupnya, lalu tambahkan air sedikit. Setelah itu, dengan bahan yang tercampur dan menjadi pasta, oleskanlah ke area sariawan. Tahan 10 menit karena perih, setelah itu baru dibersihkan, jangan kurang dari 10 menit karena nanti efeknya tidak maksimal.

Daun jambu biji
Untuk pengobatan sariawan juga bisa menggunakan daun jambu biji. Kunyahlah daun jambu biji tetapi cari yang masih muda, setelah itu kumur-kumur dengan air bersih, lakukan rutin hingga sariawan mengecil dan menghilang. Ini memang membutuhkan waktu.
Sekian informasi tentang cara mengobati sariawan yang bisa anda coba dan mudah ditemukan, semoga berguna.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search