-->

Kenali Jenis Sakit Tenggorokan dan Cara Mengobatinya

- 3:22 PM
Jenis sakit tenggorokan apakah yang sedang anda alami? Dan bagaimana cara mengobatinya? Terkadang sakit tenggorokan ini disertai penyakit lainnya yang saling berhubungan seperti pilek, strep throat dan tonsilitis. Berikut adalah jenis sakit tenggorokan yang sering dialami semua orang dan cara pengobatannya.

1. Pilek
Jenis sakit tenggorokan ini paling umum dari penyakit tenggorokan lainnya. Penyebab dari penyakit tenggorokan ini adalah virus yang masuk ke dalam rongga tenggorokan dan menyebabkan rasa gatal dan kemudian disertai gejala pilek lainnya seperti hidung berlendir, batuk serta bersin-bersin. Selain virus perilaku kurang sehat seperi merokok dapat menyebabkan penyakit tenggorokan juga selain itu udara yang kurang bersih dan alergi bagi sebagiahn orang merangsang bakteri di tenggorokan berkembang.

Cara mengobati 
Jahe yang ditumbuk dan dijadikan minuman penghangat biasanya akan membuat tenggorokan menjadi lega dan gatal yang terasa akan sembuh. Selain itu penggunaan jeruk nipis juga bisa untuk di jadikan minuman penghangat yang dicampur madu untuk membunuh bakteri yang ada di tenggorokan.
Jenis Sakit Tenggorokan dan Cara Mengobatinya

2. Strep Throat
Jenis sakit tenggorokan ini disebabkan bakteri streptococcus. Jenis sakit tenggorokan ini pada umumnya menyerang anak-anak namun terkadang juga ditemukan pada orang dewasa. Jika strep throat ini dibiarkan maka akan menyebabkan demam rematik yang dapat membahayakan katup jantung. Untuk itu penting dalam mengetahui sejak dini penyekit ini agar mendapatkan perawatan dokter yang tepat. Tanda jika seseorang terserang bakteri strep throat  adalah munculnya sakit tenggorokan yang mendadak, kehilangan nafsu makan, amandel memerah dan berbintik putih dan demam.

Cara mengobati
Karena jenis sakit tenggorokan ini disebabkan bakteri maka langkah awal penanganannya adalah dengan antibiotik untuk menangkal bakteri tumbuh lagi. Jenis obat penisilin adalah antibiotik yang digunakan untuk mengobati strep throat. Setelah itu beristirahat total karena bakteri ini mudah berkembang saat berada di luar ruangan dengan udara kotor.

3. Tonsiliti
Jenis sakit tenggorokan ini lebih dikenal dengan peradangan amandel. Sama seperti strep throat   penyebab utamanya adalah bakteri. Ketika tonsil terinfeksi maka sakit pada tenggorokan akan sangat menyakitkan. Gejala yang timbul dari penyakit tonsilitis adalah membengkaknya amandel yang disertai napas bau, demam, suara hilang sementara, sakit waktu menenlan.

Cara mengobati
Sama seperti strep throat  penyebab utama tonsilitis berasal dari bakteri yang kemudian harus dilawan dengan antibiotik dan memerlukan waktu istirahat khusus. Jika anda penyakit ini sering anda alami dan berulang-ulang priksa ke dokter dan kemudian dokter akan melakukan operasi pengangkatan amandel.

Nah, di atas adalah informasi tentang jenis sakit tenggorokan dan cara mengobati sakit tenggorakan. Jadi tetap jaga kesehatan agar badan selalu sehat dan beraktifitas.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search