-->

Konsisten Memang Susah, Namun Cara Ini Harus Kamu Lakukan Juika Tidak Ingin Gagal Diet

- 12:05 PM
Konsisten Memang Susah, Namun Cara Ini Harus Kamu Lakukan Jika Tidak Ingin Gagal Diet - Kamu yang sedang diet tentunya tidak ingin program diet yang sedang kamu lakukan tiba-tiba gagal ditengah jalan. Banyak tantangan dan godaan yang berat ketika sedang diet, membuat rencana diet sudah cukup sulit, tetapi berkomitmen pada program diet itu jauh lebih sulit lagi.

Kamu mungkin sudah melakukan program diet selama beberapa bulan, atau hanya beberapa minggu, dan sedang merasa kesulitan untuk tetap berfokus dan mempertahankan motivasi. Jika ingin tetap berkomitmen dalam diet, kamu harus menemukan cara untuk tetap bertahan, menghindari godaan, dan membuat rencana diet menyenangkan. Jika demikan maka kamu harus melakukan beberapa cara ini.

Diet seorang diri. Mempunyai teman diet atau orang lain untuk berbagi suka duka berdiet akan membuat kamu lebih termotivasi.

Jangan melakukan diet seorang diri karena akan membuat menjalani diet menjadi lebih mudah. Berusaha memperbaiki bentuk tubuh bersama dengan seseorang yang dikenal akan memungkinkan kamu untuk berbagi tips, berolahraga bersama, dan saling memotivasi. Memilih jadwal berolahraga bersama atau merencanakan makanan sehat mingguan dengan orang tersebut dapat membantu dalam berfokus menjalankan diet.

Mengetahui ada banyak orang dalam situasi yang sama akan menambah motivasi kamu dalam berdiet.

Jika tidak bisa menemukan teman berdiet atau berolahraga, Bergabunglah dengan komunitas penurunan berat badan Kunjungi pertemuan komunitas tersebut atau hanya manfaatkan informasinya dari internet. Carilah seseorang untuk mencurahkan isi hati sehingga orang tersebut dapat membantu menjaga fokus dan mendengarkan curahan hati kamu saat ada kesulitan menjalankan program diet.

Motivasi dapat dijaga dengan menetapkan tujuan dan menjaganya selama diet berlangsung.

Buatlah strategi dan komitmenkan diri kepada strategi tersebut, bila tujuannya hanya untuk mengurangi berat badan, motivasi tidak akan terjaga dibandingkan jika terdapat tujuan yang spesifik dan rencana untuk mencapainya. Hal tersebutlah yang harus kamu lakukan. Hitung berapa banyak berat badan yang ingin dikurangi, dan seberapa cepat waktu untuk mencapainya. Pastikan untuk menetapkan target yang realistis. Kamu tidak mungkin bisa mengurangi 25 kg berat badan dalam waktu satu bulan, tetapi kamu dapat mengurangi 2,5 kg setiap bulan jika berkomitmen dengan rencana diet.

Baca juga: CARA PALING TEPAT AGAR KAMU TERHINADAR DARI GODAAN SAAT DIET

Tetapkan strategi untuk setiap minggunya. Berapa banyak berat badan yang kamu ingin kurangi per minggu? Pilihlah satu hari dalam seminggu untuk menimbang berat badan. Jangan menimbang setiap hari karena hal ini akan membuat kamu terobsesi dengan berat badan. Jadwalkan olahraga rutin untuk setiap minggu. Walaupun tidak dapat merencanakannya untuk berbulan-bulan di depan, pada setiap awal minggu, masukkan beberapa jadwal olahraga ke dalam rutinitas.

Seberapa sering Kamu berolahraga, dan berapa banyak berat badan yang kamu ingin kurangi setiap minggunya.

Jagalah komitmen pada rencana diet dengan menyimpan catatan tentang apa saja yang sudah kamu makan dan seberapa sering kamu berolahraga,  Catatan ini bisa jadi sangat bermanfaat, tetapi pastikan tidak membuat kamu terobsesi dengan setiap makanan yang dimakan. Simpanlah buku harian yang berisi grafik rencana diet dan telaah bagian mana yang paling sesuai dan mana yang tidak. Ini akan membantu kamu untuk berinteraksi dengan diri sendiri.

Dibutuhkan banyak kekuatan mental untuk menjaga komitmen dalam berdiet, Kamu "wajib" untuk mengingatkan diri sendiri jika telah meraih pencapaian yang baik sewaktu-waktu.

Baca juga: DIET BOLEH TAPI JANGAN SAMPAI KAMU MENGHUKUM DIRI KAMU SENDIRI

Berikan hadiah kepada diri sendiri jika berhasil melakukan kebiasaan baik Hadiahi diri sendiri setiap kamu berhasil mengurangi 2,5-5 kg berat badan. Tergantung seberapa banyak berat yang ingin dikurangi, buatlah sistem penghargaan setiap mencapai target berat badan yang baru. Kamu bisa menghadiahi diri sendiri dengan es krim sundae atau makanan kesukaan, dan kamu akan merasa lebih baik karenanya.  Dengan menghadiahi diri sendiri untuk kebiasaan baik yang berhasil dilakukan, kamu akan lebih termotivasi untuk tetap kuat dalam proses mengurangi berat badan. Jangan lupa katakan betapa luar biasanya diri kamu setiap berat badan berkurang ½ kg. Penghargaan atas turunnya berat badan tidak harus selalu berhubungan dengan makanan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membeli sepasang sepatu baru setelah tahan berdiet selama satu bulan.

Tetaplah kuat mental. Kapanpun kamu mulai menyimpang, ingatkan diri sendiri tentang alasan kamu berdiet.

Apa tujuan kamu berdiet? apakah ingin mendapatkan bentuk badan yang indah untuk memakai baju seksi, atau mengurangi berat badan demi manfaat kesehatan? Apa pun alasannya, katakan pada diri kamu sendiri bahwa kamu bertekad menjaga komitmen dalam rencana diet agar dapat mencapai target. Bayangkan dalam pikiran kamu apa yang ingin diubah dari diri sendiri, misalnya foto imajiner sebelum dan setelah melakukan diet. Jika sekali pun terpikir malas berolahraga, atau ingin membeli es krim banyak-banyak, bayangkan kembali saja tujuan kamu berdiet. Simpanlah kutipan yang memotivasi pada komputer atau tempelkan di atas meja kerja. Ini akan mengingatkan agar tetap berfokus pada alasan berdiet. Buatlah kartu indeks yang berisi daftar alasan kamu melakukan diet dan simpanlah di dalam tas atau dompet, sehingga dapat dibaca kapan pun kamu lupa alasan utama berdiet.




EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search