-->

Hal Ini Perlu Kamu Ketahui Agar Tetap Aman Mengkonsumsi Teh Hijau

- 9:32 AM
Hal Ini Perlu Kamu Ketahui Agar Tetap Aman Mengkonsumsi Teh Hijau - Segala sesusatu yang berlebihan itu tidak baik, sama halnya dengan makanan dan minuman konsumsilah segala sesuatunya dalam porsi yang wajar. Kalimat tersebut memang terdengar klise, akan tetapi benar adanya.

Mengkonsumsi teh hijau secara berlebihan itu tidak baik, Meski teh hijau sarat akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mengonsumsinya secara berlebihan justru dapat menimbulkan berbagai efek samping yang merugikan bagi kesehatan kamu, Jadi jika kamu gemar mengonsumsi teh hijau? Hal Ini Perlu Kamu Ketahui Agar Tetap Aman Mengkonsumsi Teh Hijau,  kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya, serta apa yang harus kamu lakukan jika telanjur mengalami berbagai efek samping teh hijau.

Kurangi konsumsi teh hijau jika kamu kurang bisa menoleransi kafeina. kamu bisa memilih teh hijau yang bebas kafeina atau membatasi konsumsi per harinya.


Baca juga: SUKA MINUM TEH? YUK CARI TAHU CARA MEMILIH TEH YANG BAIK DAN PERLENGKAPANNYA

Kafeina yang terkandung dalam teh hijau dapat menghalangi penyerapan kalsium yang dibutuhkan oleh tulang. Jika kamu memiliki risiko osteoporosis, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi teh hijau. Pahamilah efek samping mengonsumsi kafeina secara berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi kafeina dapat mengakibatkan detak jantung tidak teratur, munculnya sensasi terbakar di ulu hati, terjadinya gangguan kecemasan dan emosi, serta berbagai efek lainnya. Pada penderita diabetes, mengonsumsi kafeina dapat meningkatkan kadar gula darah dan memperberat kerja insulin. Kafeina juga dapat memperparah penyakit diare dan berbahaya bagi mereka yang mengalami gangguan kesehatan pada usus besar.

Ketahui kandungan kafeina dalam teh hijau yang Anda konsumsi. 8 ons teh hijau seduh mengandung sekitar 24-45 mg kafeina. Jika dibandingkan, 8 ons kopi seduh mengandung sekitar 95-200 mg kafeina, sedangkan 12 ons Coca-Cola mengandung sekitar 23-35 mg kafeina.

Buat kamu yang sedang hamil minumlah maksimal 2 gelas teh hijau per hari. Akibat kandungan kafeina di dalamnya, teh hijau bisa jadi berbahaya untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Jika dikonsumsi berlebihan, teh hijau bahkan bisa mengakibatkan keguguran. Selalu konsultasikan masalah ini dengan dokter. Bila tubuh kamu butuh banyak asupan kalsium, batasi konsumsi teh hijau sebanyak 2-3 gelas per hari. Jika kamu kelewat gemar mengonsumsi teh hijau sehingga enggan membatasinya, minumlah suplemen kalsium untuk mengimbanginya
Cara terbaik untuk menghindari masalah yang timbul akibat konsumsi kafeina adalah dengan membatasi asupannya. Minumlah maksimal 5 gelas teh hijau per hari untuk menghindari berbagai risiko yang telah disebutkan.





EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search